Google Searching

14 April 2011

9 Makanan yang Membantu untuk Tidur

Stres, sibuk, dan aktifitas-aktifitas lainnya bisa menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur. Sehingga banyak yang menggunakan cara singkat dengan menelan pil tidur untuk bisa memejamkan mata.

Namun ada cara yang tepat dan baik untuk bisa tidur tanpa harus menelan pil tidur yang memiliki efek samping. Seperti dikutip dari The Daily Meal, Senin (11/4/2011), disebutkan bahwa Nutrionist Kelly Aronica, membagi beberapa tips tentang cara memudahkan diri dalam tidur yang nyenyak. sehingga tidak membuat merasa pusing atau lesu untuk keesokan harinya.

Selain itu dia menyebutkan bahwa beberapa makanan yang harus dihindari, diantaranya kafein, makanan pedas, makanan berat, alkohol tepat sebelum tidur, dan beberapa obat yang mungkin mengandung kafein, sehingga diperlukan memeriksa resep yang akan dikonsumsi.

Juga meditasi merupakan cara yang bagus untuk bersantai antara otak dan tubuh. Karena stres adalah alasan utama untuk insomnia. Dan meditasi juga yoga dapat ideal untuk membantu.

Aronica mengatakan bahwa harus ada hubungan antara karbohidrat dan pelepasan serotonin (hormon tubuh merasa baik) di otak, dan makanan ringan di satu jam sebelum tidur, sebagian besar karbohidrat dengan sedikit protein dapat meningkatkan kadar serotonin. Mengapa? Untuk memaksimalkan pelepasan serotonin (yang membantu Anda untuk tidur), Anda memerlukan dua hal. Tryptophan, yang merupakan bahan baku untuk serotonin dalam sumber protein, asam amino.

Tetapi jika Anda makan makanan tinggi protein, akan meningkatkan jumlah kadar asam amino dan mereka semua berjuang untuk masuk melalui penghalang darah otak dan tingkat tryptophan benar-benar masuk ke otak.

Ketika Anda makan karbohidrat (hal kedua yang Anda butuhkan), lanjutnya, tubuh melepaskan insulin yang bertugas untuk menempatkan kelebihan glukosa, asam amino, dan asam lemak untuk bekerja atau ke penyimpanan. Jadi bila ada insulin dalam darah, mengosongkan semua asam amino, kecuali tryptophan, membuka jalan bagi tryptophan untuk masuk ke otak.

"Cobalah untuk makan makanan ringan dengan sedikit protein dan beberapa karbohidrat dalam waktu satu jam dari sebelum tidur. (Ini membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk tingkat serotonin meningkat setelah makan)," katanya.

Cobalah roti panggang dengan selai kacang, lanjutnya, setengah sandwich salad telur atau beberapa ide di bawah ini:

Oatmeal dengan susu atau Walnut



Sebuah makanan ringan yang baik dikonsumsi sebelum tidur karena menggabungkan karbohidrat dengan protein.


Yogurt



Sebuah makan baik karena mengandung setengah karbohidrat dan setengah protein.

Hummus



Makanlah dengan beberapa pita untuk perpaduan sempurna antara protein yang baik (dari biji) dan karbohidrat.

Susu hangat



Susu memiliki tryptophan, dan juga aspek minuman hangat memang menenangkan.

Pisang



Mengandung tryptophan, melatonin, seratonin, dan magnesium, yang dapat bertindak sebagai relaksan otot. Cobalah makan buah ini dengan beberapa selai kacang dan roti panggang.

Kalkun



Walaupun merupakan sumber terkenal tryptophan, hampir semua jenis unggas memiliki jumlah yang sama. Cobalah untuk makan setengah sandwich kalkun atau ayam.

Kentang



Mengandung tryptophan dan karbohidrat, makan sesedikit makanan kecil sebelum tidur dapat membantu Anda tidur pulas.

Almond



Memiliki tryptophan dan magnesium, sehingga mungkin juga mencoba untuk ditambahkan ke oatmeal Anda.

Tart ceri



Mengandung melatonin, yang membantu mengatur tidur. Ini adalah asam yang digunakan dalam kue, tidak begitu banyak manis ceri bahwa Anda bisa memakan secara polos atau ceri utuh.

Chamomile



Meskipun tidak akan membuat Anda tidur seperti menelan pil tidur, akan tetapi memberikan efek santai dan terasa lembut.


Sumber : http://today.co.id/read/2011/04/11/2...tu_untuk_tidur

Tidak ada komentar: