Google Searching

21 April 2011

7 Fenomena Alam Perairan yang Menakjubkan !!

1.Sungai Goldstream - Kanada
Sungai Goldstream di Kanada ini ‘gagal hidup’ sesuai namanya yang berarti ‘aliran emas’ saat airnya secara aneh berubah menjadi hijau terang atau seperti hijau neon.

Sungai yang melintasi kota Langford di British Columbia, nampak seperti hasil akhir bencana radioaktif.




Belakangan diketahui, penyebab berubahnya air sungai yang awalnya misterius itu ternyata adalah akibat dari pemakaian senyawa organik yang digunakan sebagai pewarna untuk menguji sistem air...


Namun, pejabat setempat mempertanyakan kejadian tersebut. Sebab, saat itu tak ada tes yang dilakukan.
Adalah Tyson Elder(24) dan teman-temannya yang menyusuri sungai untuk memoto elang botak atau Bald Eagles saat melihat air sungai berwarna hijau terang pada 29 Desember 2010.

“Dari kejauhan yang bisa aku lihat adalah warna hijau terang,” kata dia, seperti dimuat Daily Mail, 12 Januari 2011. “Melihat sesuatu berwarna seterang itu sangat tak terduga dan agak mengerikan, terutama karena wilayah itu adalah tujuan wisata populer.”

Pada musim dingin, tambah dia, elang-elang gundul diketahui bersarang di sekitar sungai itu, Tyson dan rekan-rekannya khawatir berubahnya warna air sungai mengancam jiwa para binatang.

Berita aliran sungai berwarna hijau neon menyebar cepat setelah Tyson mengunggah gambar itu di Twitter-nya.

Kata Tyson, saat itu, warna hijau menyebar sepanjang 400 meter selama sekitar 3 jam. Tak hanya mengambil gambar, ia dan rekannya juga merekam dan mengunggahnya ke YouTube. Video itu langsung melejit dan ditonton lebih dari 550 ribu orang.

Sebaliknya, kepala pemadam kebakaran Langford, Bob Beckett menduga, warna hijau di sungai itu adalah kerjaan orang iseng. “Itu seperti sebuah tipuan, kami akan menyelidiki kasus ini,” kata dia.

Apakah pewarna hijau membahayakan? Pejabat Kesehatan Vancouver mengatakan zat fluorescein, yang juga digunakan sebagai penanda dalam prosedur medis, meski tak beracun, dapat menyebabkan reaksi alergi.
“Itu tidak memiliki toksisitas yang tinggi, tetapi dapat menyebabkan reaksi alergi,” kata petugas medis, Murray Fyfe.

Sejauh ini tidak dilaporkan adanya kematian ikan atau binatang lain secara massal gara-gara sungai yang berubah jadi hijau. Menurut harian, Montreal Gazette, hanya dalam waktu satu jam, warna sungai kembali normal.


 _____________________________________________________
2. Danau Gippsland - Australia
Berenang seharusnya memberikan suasana yang sehat bagi raga kita.

Tetapi, belum tentu demikian halnya jika Anda berenang di kolam misterius ini. Kulit Anda bisa seketika berubah menjadi biru neon usai berenang di danau itu.

"Rasanya seperti kami sedang bermain dengan cat radioaktif," kata Phil Hart yang menangkap gambar fenomena aneh ketika teman-temannya muncul dari sebuah danau di suatu malam.

Apa yang membuat air di tepi danau itu menyala dalam kegelapan?

Ya, air berwarna terang di saat gelap itu tidak muncul dengan sendirinya. Ia tercipta karena reaksi kimia yang disebut biopendar (bioluminescence), yang muncul saat konsentrasi mikro-organisme di dalam air terganggu secara alamiah.

Phil, 34 tahun, meletakkan kameranya dengan penyanggah kaki tiga dengan kecepatan shutter terlambat. Lalu, dia kemudian melempar butiran pasir dan batu sehingga kamera dapat menangkap gambar bintik-bintik air biru sebanyak mungkin. Hasil gambarnya: sempurna.

Gambar-gambar ini terlihat sangat menakjubkan. Warnanya berubah ketika konsentrasi mikro-organisme Noctiluca Scintillans di dalam air tidak normal, jauh lebih tinggi dari biasanya.

Menurut pria asal Hawthorn tersebut, foto-foto yang mirip 'api dan banjir' itu diambil di Danau Gippsland, Victoria, Australia.

"Berada di sana dan melihat biopendar yang begitu memukau adalah kesempatan yang sangat langka," ujar Phil.

"Saya di sini sebagai direktur program di sebuah organisasi yang secara rutin mengadakan agenda berkemah di sekitar Danau Gippsland sejak 50 tahun lalu. Dan, belum pernah ada yang dapat melihat biopendar seterang ini."

Seperti yang disebutkan, fenomena ini disebabkan tingginya konsentrasi mikro-organisme yang tinggi. Hal ini diyakini sebagai hasil dari kombinasi kebakaran hutan dan banjir di sekitar danau, di mana secara tidak langsung meningkatkan kadar nutrisi di dalam air yang dapat menghidupkan organisme yang bernama Noctilucca scintillans.

"Itu membutuhkan serangkaian kejadian yang sangat panjang,"

"Ini tidak boleh terjadi lagi dalam hidup saya," tutur Phil.

"Saya merasa beruntung karena telah melihatnya dan berhasil merekam gambar tersebut dengan kamera saya."

"Warna biru cerah tidak hanya terlihat dengan mata kepala saya saja, tetapi juga dengan kamera saya. Ketika mengambil fotonya pertama kali, saya hampir tidak percaya melihat orang-orang di air tampak aneh," tutup Hart.




  _____________________________________________________

3.Sungai Cano Cristales - Kolombia
Dikenal dengan nama “Sungai lima warna” atau “Sungai Pelangi”, Cano Critales-Colombia merupakan salah satu sungai paling mengagumkan yang mengalir di bumi kita.





Sebagian besar waktu dalam setahun, sungai ini hanya terlihat seperti sungai pada umumnya yang sering kita lihat (waitss… klo lo tinggal di jkt, g parah begitulah). Namun pada satu waktu dalam setahun, sungai ini berubah menjadi sebuah festival alam warna warni. Jenis Alga tertentu yang hidup di bebatuan di dasar sungai inilah yang bertanggung jawab atas fenomena alam yang luar biasa.

Aliran air sungai meregulasi sinar matahari hingga mencapai alga. Pada musim hujan sinar marahari tidak mampu mencapai dasar sungai, sedangkan pada musim kering, air menjadi terlalu dangkal. Diantara dua musim inilah alam menciptakan kondisi yang sempurna untuk menghidupkan warna warni dari Cano Cristales.

Selama periode ini seluruh dasar sungai tertutup oleh warna warna yang tersusun cantik mulai dari biru, hijau hingga merah dan gradasinya yang jumlahnya tak terhitung. Sayang sekali kejaiban sungai warna warni ini hanya berlangsung selama beberapa hari saja. Namun hal ini pula yang membuatnya jadi spesial.

Kekurangan lain atau malah kelebihannya? Cano Cristales terletak di lokasi terpencil. Kota terdekat adalah La Macarena. Sungai selebar 20 m dan panjang sungai yang ditumbuhi alga adalah 100 m, hanya dapat dicapai dengan menaiki kuda atau keledai dan hanya beberapa biro perjalanan yang menawarkan kunjungan ke lokasi eksotis ini.

  _____________________________________________________


4. Laut Mati - Israel



Kali ini saya mau sedikit membahas laut mati, Tidak seseram namanya, laut mati merupakan sebuah Danau asin (bukan laut, karena berada pada daratan), istilah laut di pakai dikarenakan luasan nya yang mencapai 76 Km panjangnya dan memiliki lebar 16 Km, jadi bisa di bayangkan kalau danau ini begitu luas ( tapi danau ini telah mengalami penyempitan dan pengurangan debit air dikarenakan oleh penguapan yang berlebihan dan kurangnya pasokan air dari Sungai Jordan). Okelah, untuk selanjutnya kita sebut saja danau ini Laut.Laut ini berada pada 420 meter di bawah permukaan laut yang merupakan daerah terendah di permukaan bumi (sedangkan titik terdalam di bumi sendiri di pegang oleh palung mariana).Laut mati berada diantara wilayah Jordania dan Israel.
Kadar garam yang begitu besar pada laut ini membuat kita bisa mengapung diatasnya tanpa susah susah berenang, bahkan sambil membaca buku sekalipun! Aneh memang, tapi itulah kejadian alam. Konon kadar garam di laut mati ini mencapai 31.5 % ( itu berarti 9 kali lipat dari kadar garam laut normal yang sekitar 3,5 %. Karena kadar salinitas nya tersebut maka semua benda bisa mengapung diatasnya.
Salah satu cerita mengenai asal muasal laut ini adalah cerita mengenai kaum Nabi Luth, yang bercerita tentang bagaimana hancurnya moral manusia kala itu (sodom gomorah) yang melakukan hubungan sexsual sejenis, terlepas dari cerita itu semua laut mati ini memiliki cerita lain dari segi ilmiah yaitu mengenai kadar garam nya yang tinggi. Terjadi penurunan debit air di laut ini yang mencapai 1 meter tiap tahun nya dikarenakan jumlah air yang masuk dari sungai jordan banyak di pakai untuk keperluan irigasi sehingga pasokan ke laut ini menjadi berkurang dan penguapan nya sangat tinggi, inilah yang menyebabkan mengapa laut ini menjadi asin. Tak ada ikan yang hidup di situ, dan air laut mati bila terkena mata akan sangat perih. Di balik itu semua lumpur laut ini memiliki khasiat tersendiri bagi kaum wanita khususnya sebagai penghalus kulit (Lulur Lumpur laut ).Selain kandungan garam yang amat sangat tinggi, air Laut Mati juga banyak mengandung kalium, magnesium, dan bromium, mungkin karena itulah lumpur laut mati ini dianggap sangat berkhasiat. Israel, Palestina dan jordania sepakat untuk menyelamatkan laut mati ini karena dampak bila terjadi kerusakan pada ekosistem laut mati ini akan sangat buruk bagi kawasan tersebut, tindakan penyelamatan antara lain menyuplai air dari laut merah ke laut mati dengan membuat kanal kanal untuk menghubungkan kedua laut tersebut yang jaraknya sekitar 200 Km, Permukaan air Laut Mati diperkirakan telah mengalami penyusutan dari 392 meter di bawah permukaan laut menjadi 416 meter dan sedang menurun ke tingkat yang sangat mengkhawatirkan.


saking matinya laut gan
 _____________________________________________________



 5. Danau Labuan cermin , Kaltim , Indonesia

Jauh di pedalaman Kalimantan Timur sana, terbentanglah Danau Labuan Cermin. Danau bening ini istimewa karena memiliki diisi oleh 2 organisme dari dunia yang berbeda. Danau ini memiliki aliran air asin yang hanya ada di bagian bawah danau dan tawar di permukannya.



Labuan Cermin terletak di Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Jika dilihat di peta, letaknya tepat di punggung hidung Kalimantan. Tempat ini bisa ditempuh dalam tiga jam perjalanan laut dari Derawan.

Bagian atas Danau Labuan Cermin berisi air tawar seperti danau pada umumnya. Namun beberapa meter di bawahnya terdapat aliran air asin. Anehnya, kedua jenis air ini tidak tercampur. Secara kasat mata dapat dilihat bahwa air laut dan air tawar dipisahkan oleh lapisan serupa awan.

Belum ada yang melakukan penelitian di daerah ini sehingga terbentuknya fenomena ini masih menjadi misteri.

Lapisan keruh berwarna putih itu diduga hasil pembusukan organisme dasar labuhan yang terperangkap dan tak bisa pergi. Dua jenis air di danau ini juga menghadirkan organisme dari dua dunia. Ikan air tawar hidup di permukaan, sedangkan ikan air laut bisa ditemukan di dasar danau.



Air asinnya bisa dijumpai pada kedalaman sekitar 2 meter dari permukaan danau. Rupanya ketebalan lapisan air tawar dan air asin bisa berubah sesuai dengan pasang-surut air laut.

Danau mungil ini dikelilingi hutan dan ada tebing menjulang tinggi di salah satu sisinya. Tak mengherankan jika danau ini diberi nama Labuan Cermin, airnya jernih sekali sampai orang bisa bercermin di atasnya. Arus di beberapa tempat cukup kuat dan mudah menyeret orang yang tak bisa berenang.



Untuk menuju tempat ini pengunjung harus menumpang sampan nelayan dan melewati perjalanan selama 15 menit, menembus semak bakau dan hutan. Hutan itu masih dihuni aneka binatang liar seperti monyet, bekantan, berang-berang dan beruang madu.

Karena jaraknya cukup jauh dari kota, jarang atau hampir tidak ada turis yang berkunjung ke sini. Tempat ini hanya dikenal oleh orang-orang lokal dari sekitar daerah itu. Fasilitas dan prasarana pun masih seadanya.

Tempat bermalamnya adalah sebuah Pusat Informasi Nelayan (PIN) binaan The Nature Conservancy, lembaga pegiat pelestarian lingkungan.

PIN berbentuk rumah panggung di tepi muara sebuah sungai, hanya beberapa ratus meter dari laut. Rumah itu punya semacam dermaga kecil tempat menambatkan perahu.

Sungai di depan PIN berair payau. Kadar keasinannya tergantung pada pasang-surut air laut. Ketika laut surut, sungai berubah menjadi sangat jernih sehingga dasarnya dapat dilihat dengan jelas.



Dari beranda kita bisa melihat ikan berseliweran. Ada ikan yang banyak durinya, ada ikan yang menyengat dan ikan yang bertubuh pipih panjang.

Tak hanya dikunjungi oleh para nelayan, PIN juga menjadi tempat berkumpul anak-anak nelayan yang hendak menonton film tentang kehidupan laut atau membaca koleksi perpustakaan.
 _________________________________________________

6. Pantai China , China

Sebuah fenomena alam yang jarang terjadi ditemukan di pantai china. Rumput laut (Seaweeds) ini menutupi laut yang ada di sekitar pantai china ini. Selain menguntungkan para nelayan china untuk mengambil rumput laut ini secara gratis, rumput laut di sana di jual dengan harga yang cukup mahal gan. Tidak heran rumput laut yang sedang ber invansi tersebut di ambil oleh orang orang yang di dekat pantai itu. Yuk kita lihat bagaimana laut biru di sulap menjadi rumput hijau.


ibu dan anaknya sedang melihat rumput laut itu


tepian pantai china


gak tau lgi apa


nelayan panen besar pake alat canggih


masyarakat pun ikut panen dengan alat seadanya


para nelayan bergreombol memanen rumput laut itu
 

7 . Laguna Colorada , Bolivia

Laguna Colorada (Red Lagoon) adalah sebuah danau garam dangkal di barat daya Altiplano Bolivia, dalam Eduardo Avaroa Fauna Nasional Andean Reserve dan dekat perbatasan dengan Chile.

Danau mengandung boraks pulau, yang warna putih kontras dengan baik dengan warna kemerahan air, yang disebabkan oleh endapan merah dan pigmentasi beberapa alga.

Laguna Colorada adalah salah satu Ramsar Wetlands International Pentingnya bawah Konvensi Ramsar ditandatangani pada 1971.

James Flamingos berlimpah di daerah tersebut. Juga adalah mungkin untuk menemukan flamingo Andean dan Chili, tetapi dalam jumlah kecil.


Laguna colrada 

source

1 komentar:

Lowongan Kerja CPNS 2014 Terbaru mengatakan...

SubhanALLAH...

Luar biasa Keajaiban Tuhan.

Sangat Menakjubkan